Senin, 28 Mei 2018

Misi rahasia Madrid dan Liverpool di final liga champions 2017/2018

Real Madrid kembali menunjukkan diri sebagai tim sepakbola terbaik di kasta sepakbola elite antar klub Eropa. Setelah melumat Liverpool di partai Final liga champions dengan skor 3-1 yang digelar di Stadion Olimpic Kiev, Ukraina (jumat, 27 mei 2018). Partai final antara Real Madrid vs Liverpool ini selain menyajikan strategi dua pelatih jenius, perang bintang kedua tim finalis dan antusiasme insan sepakbola di kedua negara masing-masing  ada fakta dan misi khusus kedua tim untuk merengkuh tropi liga champions musim 2017/2018 yakni kedua tim ternyata kurang memiliki legitimasi bila menjuarai liga champions sebab di liga domestik masing-masing, keduanya harus tersisih dari perebutan juara liga negaranya atau keduanya gagal menjuarai liga masing-masing.


Marid masih bersyukur, karena masih finis di posisi ketiga, di bawah Athletico Madrid di posisi kedua dan Barcelona yang tampil begitu perkasa di liga Spanyol musim ini. Dengan posisi ketiga di klasemen akhir, Madrid kembali memiliki tiket untuk tampil di fase grup liga champions musim 2018/2019. Meskipun seandainya mereka dikalahkan Liverpool di final musim ini.
Sementara Liverpool, meski nyaris kehilangan tiket liga champions musim mendatang, sebenarnya tak kalah kompetitifnya dibanding prestasi yang dimiliki Real Madrid, Liverpool mampu finis di posisi ke empat liga inggris, dan juga berhak mendapat tiket untuk berlaga di liga champions musim depan, meski harus melalui babak play off sebelum berlaga di fase grup.

Selain berpengaruh pada catatan sejarah dan prestasi tim serta keuntungan finansial di musim berikutnya, biasanya peraih tropi liga champions akan mempengaruhi jumlah wakil dari liga domestiknya untuk berlaga di liga champion musim mendatang. Sebagai contoh Real Madrid yang juara liga Champions musim ini meskipun misalnya di klasemen akhir di liga Spanyol mereka berada di posisi 15, tetap akan menambah wakil liga Spanyol menjadi 5 kontestan, terdiri dari empat tim terbaik di papan klasemen akhir ditambah satu jatah Real madrid sebagai juara liga champions musim ini.

Tak hanya itu, liga Spanyol memungkinkan memiliki 6 kontestan di musim 2018/2019 bila jatah liga Champions Athletico Madrid yang menempati posisi runner up di klasemen akhir liga Spanyol diberikan kepada klub lainnya yang berada di luar empat besar zona champions sebab Athletico Madrid tampil sebagai juara liga eurora 2017/2018 yang secara otomatis memiliki jatah tiket liga champions musim 2018/2019.

Baca Juga:

 
Design by IPNER